Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi , HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Musi Rawas Firdaus Cik Olah, didampingi Wakil Ketua II DPRD Musi Rawas Hendra Adi Kusuma dan dihadiri anggota DPRD Musi Rawas, Forkopimda Musi Rawas, Sekretaris Daerah Musi Rawas, para asisten, staf ahli, seluruh kepala OPD Musi Rawas.

Dalam pidato Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo menyampaikan pidato negara di seluruh dunia sedang menghadapi ujian yang sama, yaitu krisis pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya pulih, serta perekonomian dunia yang belum sepenuhnya bangkit, ditambah dengan meletusnya perang di Ukraina yang menyebabkan krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan.

Sebanyak 107 negara terdampak krisis ini dan sebagian diperkirakan akan jatuh bangkrut. Diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan akut dan kelaparan.

“Ujian ini tidak mudah bagi dunia dan juga tidak mudah bagi Indonesia. Semua ini harus dihadapi dengan kehati-hatian dan kewaspadaan. Namun, di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19, termasuk 5 besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, yaitu 432 juta suntikan,” jelas Presiden RI.

Selain itu, inflasi juga berhasil dikendalikan di kisaran 4,9 persen, jauh di bawah ASEAN yang berada di kisaran 7 persen dan negara-negara maju di kisaran 9 persen. APBN juga mengalami surplus Rp106 triliun sehingga pemerintah mampu memberi memberi subsidi untuk BBM, LPG, dan listrik sebesar Rp503 triliun.

Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa salah satu kekuatan pertama dalam membangun Indonesia adalah dengan adanya sinergi dan gotong royong antara masyarakat, tenaga kesehatan, TNI, Polri, dan jajaran birokrasi sehingga Indonesia mampu menghadapi kondisi sulit ini (ADV)

Check Also

ICMI Orda Lubuklinggau Akan Dikukuhkan Langsung Ketua Orwil ICMI Sumsel Heri Amalindo

LUBUKLINGGAU, Petisirakyat.com – Majlis Pengurus Daerah Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (MPD ICMI) Orda Kota Lubuklinggau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *