Aktivis Agraria Sumsel & Tokoh Pemuda Megang Sakti Angkat Bicara Atas Penangkapan Sunardi Karim CS

MUSI RAWAS, PETIRA – Kejadian penangkapan sunardi Cs warga Megang sakti mulai menuai tanda tanya tentang proses hukum dan status mereka sehingga sampai berta ini naik ke meja redaksi,  pihak keluarga Rifin belum dapat konfirmasi dari pihak polres musi rawas atas penahanannya padahal ia bersama Sunardi.

Solihati warga Megang sakti V( 26th) salah satu istri dari yang di tahan atas kasus ini (Rifin) menerangkan kalau suaminya adalah buruh harian yang bekerja pada Sunardi Karim.

” Saya sampai pada hari ini belum menerima keterangan atas status penahan suami saya (rifin ) dari pihak polres musi rawas . Saya bingung atas kejadian kasus ini , suami saya pamit kerja dengan pak sunardi untuk memanen buah sawit di kebunnya , yang biasa di kerjakan oleh suami saya di lahan pak sunardi , tiba tiba dapat kabar dari keluarga pak sunardi, suami saya di tahan , saya syok atas berita ini . Saya benar tidak tau masalah kebun itu bersengketa atau tidak yang jelas suami saya niat bekerja untuk menafkahi keluarga kami untuk kebutuhan sehari hari. Apalagi saat ini tiap hari anak saya ( 4 th ) menangis menanyakan di mana ayah nya dan saya harus menanggung beban kebutuhan sehari hari , ungkap istri Ririn sabil menangis dan bingung .

Sementara saat kami konfirmasi ke salah satu teman Sunardi Karim Cs
Hijrah alam Bintoro selaku Tokoh Pemuda Megang sakti mengatakan ada proses yang janggal tentang kasus pak sunardi
Karena sepengetahuan kami itu kebun pak sunardi sendiri yang sering di up load di medsos FB saat memanen buah sawit dan membersikan kebun, dan keterangan pak sunardi dengan saya bahwa itu memang kebun beliau sejak 2013 di tanam sendiri seluas 4 hektar ( warisan dari orang tua nya ) dan di sana sudah di dirikan pondok semi permanan juga sudah lama, tapi kok kegiatan ini berlangsung sejak 2013 – 2021 baru pihak lonsum menyatakan pencurian, kan aneh.

jika kita tanggapi secara akal sehat.  Jika memang bersengketa harus nya status nya quo tidak di tahan tapi sama sama menggugat secara perdata ,
Jadi menurut saya ini ada ketimpangan proses hukum yang tidak berpihak kepada masyarakat petani kebun
Dan meminta kepada pihak polres musi rawas memberikan keterangan kepada publik agar masyarakat tidak beropini negatif terhadap instansi terkait permasalahan ini . Dan kami masyarakat menunggu hasil berita proses pra pradilan yang di ajukan oleh kuasa hukum dari bapak sunardi Cs dan keluarga. Ujar Bi ntoro yang juga Aktivis Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) Musi Rawas.

Hal yang sama juga disesalkan oleh salah seorang Aktivis Lingkungan dan Agraria Sumsel Anwar Sadat, ST.  Kepada awak media melalui pesan singkatnya via whatss app Ketua Gerbang Tani Sumsel angkat bicara terkait penangkapan Sunardi Karim yang merupakan Kadernya (Sekretaris Gerbang Tani Musi Rawas).

” Membaca pemberitaan ini. Kami tentu sangat menyayangkan dengan adanya penangkapan tersebut, Apalagi statusnya dalam keadaan sengketa dan konflik yangg seharusnya diperjelas dahulu bukti-bukti kepemilikan hak atas lahan para pihak. Semestinya, dilakukan langkah-langkah yg lebih persuasif dan tepat, seperti mediasi, ataupun negosiasi dlm hal ini. Kami sudah berkoordinasi dengan kawan-kawan disana untuk mendalami kasus tersebut dan melaporkannya “. (Tim)

 

 

Check Also

ICMI Orda Lubuklinggau Akan Dikukuhkan Langsung Ketua Orwil ICMI Sumsel Heri Amalindo

LUBUKLINGGAU, Petisirakyat.com – Majlis Pengurus Daerah Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (MPD ICMI) Orda Kota Lubuklinggau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *