Raih Satya Lencana Wira Karya, Hj. Ratna Machmud Akan Pertahankan Mura Lumbung Pangan

PETISI RAKYAT

PADANG – Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud mendapat anugerah tanda kehormatan Bidang Pertanian, Satyalencana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia, H. Joko Widodo.

Anugerah tanda kehormatan tersebut diberikan melalui Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada puncak kegiatan Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan Indonesia XVI di Koto Tengah, Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (10/6/2023).

Penghargaan tertinggi yang diterima Bupati Ratna Machmud ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Republik Indonesia atas dedikasi dan inovasi dalam memajukan pertanian di Kabupaten Musi Rawas sehingga dapat tetap menjadi salah satu lumbung pangan nasional.

Demi mewujudkan cita-cita besar Kabupaten Musi Rawas, Bupati Ratna Machmud melakukan kerja sama dengan berbagai pihak serta memanfaatkan hasil Litbang BATAN, Rehabilitasi Bendungan dan Jaringan irigasi, serta Pengembangan Intensifikasi Padi Varietas Lokal Dayang Rindu sehingga menjadi varietas unggul lokal Kabupaten Musi Rawas.

Bupati Ratna Machmud mengaku bangga dan berterima kasih atas anugerah Satyalencana Wira Karya yang telah diberikan.

“Ini merupakan kebanggaan kita semua, karena Kabupaten Musi Rawas turut berkontribusi pada negara ini di Bidang Pertanian.

Anugerah ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap upaya kita selama ini yang terus bekerja mempertahankan Kabupaten Musi Rawas tetap sebagai lumbung pangan,” ujarnya.

Dia juga berharap dengan anugerah yang diterima menjadi motivasi Pemkab Musi Rawas dan masyarakatnya terutama petani agar lebih giat memajukan pertanian di Musi Rawas.

“Harapan kita, anugerah dapat memotivasi kita semua agar semakin giat membangun pertanian dalam arti luas untuk kesejahteraan masyarakat,” harapnya.
Diketahui, pelaksanaan Penas Petani Nelayan XVI direncanakan akan berlangsung selama lima hari, mulai dari 10 sampai dengan 15 Juni 2023 dengan tema “Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045.”

Turut mendampingi Bupati pada acara tersebut, Sekda Musi Rawas, Ketua TP PKK Musi Rawas, Asisten Administrasi & Keuangan, Ketua DWP Musi Rawas dan beberapa Kepala OPD lingkungan Pemkab Musi Rawas. (Rls/Red)

Check Also

Didapuk Sebagai Ketua Dewan Pembina Depinas Soksi, Bamsoet Tegaskan Hanya Ada Satu Soksi

PETISI RAKYAT JAKARTA  – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *