Kesbangpol Mura Gelar Rakor & Dialog Politik

MUSI RAWAS, PETISI RAKYAT- Pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 tinggal menghitung hari, dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 Badan Kesbangpol Kabupaten Musi Rawas menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) dan Dialog Politik di Auditorium Pemkab Mura, Senin (4/12/2023).

Dalam kesempatan itu Bupati Musi Rawas,Hj Ratna Mahmud menegaskan bahwa rapat koordinasi (Rakor) dan dialog politik ini menjelang pemilu 2024 ini merupakan sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat. Dan menghasilkan Pemerintahan yang demokrasi berlandasan Pancasila dan UU tahun 2017 tentang Pelimu,pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

“Kegiatan ini merupakan proses yang sangat penting dan strategis agar Pemilu tahun 2024di Kabupaten Mura,dapat berjalan dengan tertib aman dan lancar,”ujar Bupati Mura, Hj Ratna Mahmud,
Dikatakannya seperti pelaksanaan Pemilu di tahun-tahun sebelumnya, kemudian maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini ialah untuk mengkoordinasikan dan menerbitkan setiap stekholder.

Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 untuk melihat sejauh mana kesiapan kita pada Pemilu 2024 nantinya.

” Diharapkan bagi seluruh jajaran yang terkait dapat bersama-sama menyukseskan Pemilu 2024,mulai dari Pemerintahan Desa, Kelurahan dan kecamatan dalam wilayah Kabupaten Mura dapat mensukseskan Pemilu tahun 2024 mendatang,”kata Bupati

Sementara itu, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kakan Kesbangpol) selaku ketua pelaksana kegiatan Dody Irdiawan menerangkan dilakukan kegiatan politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.
Berdasarkan Undang-Undang (UU) nomor 6 tahun 2020,tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota,serta UU nomor 7 tahun 2003.

” Terkait tentang penetapan pengganti UU nomor 1 tahun 2022,tentang perubahan atas UU nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum menjadi UU,”terang Dody.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan untuk mengkoordinasikan maupun mensinergikan dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Dan untuk melihat sejauh mana kesiapan steak holder Dinas OPD terkait,dalam berkoordinasi sekaligus mensinergiritaskan antara Pemda dan penyelenggara Pemilu terutama TNI maupun Polri.

Lebih lanjut dia mengatakan, kegiatan ini diikuti 250 orang yang terdiri dari 186 orang Kades,13 Lurah,14 orang Camat serta Kapolsek dan danramil dalam wilayah Kabupaten Mura.

” Selanjutnya para narasumber pada cara hari ini,mulai dari Kajari Lubuklinggau,BKPSDM,Bawaslu,KPU,Dandim dan Kapolres,”jelasnya.

Hadir saat acara tersebut Ketua KPU Mura,Ketua Bawaslu,staf ahli Bupati,para asisten,para Kabag,Kepala OPD,Badan,18 ketua Partai Politi (Parpol),14 Camat,13 Lurah dan 186 para Kades se Kabupaten Mura. (Red/adv)

Check Also

Ketua ICMI Orda Mura Salurkan Bantuan Sembako Untuk Masyarakat Terdampak Banjir Bandang di Desa Sukaraya Baru

MUSI RAWAS, PETISI RAKYAT|Orda ICMI Kabupaten Musi Rawas bersama Persatuan Bonsai Indonesia Kabupaten Musi Rawas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *